Sunday, September 26, 2010

Dana Asing Nan Rakus



heran dengan dana asing yang terus membanjiri pasar saham dan obligasi di Indonesia. berdasarkan data direktorat jenderal pengelolaan utang menyebutkan kepemilikan asing pada Surat Berharga Negara (SBN) mencapai Rp 179,43 triliun. Angka tersebut fantastis banget. Rekor sepanjang tahun 2010 ini. Tak hanya itu, jumlah kepemilikan asing di SUN sudah mencapai 27,9% dari total outstanding SBN.

Hal yang menakutkan adalah kalau dana asing tersebut keluar dari pasar Surat Utang Negara (SUN) hasilnya tentu sama fantastisnya. Jadi boleh dibilang harus berharap keadaan ekonomi dunia tidak akan membaik. Maklum, kondisi baik yang dialami oleh orang Indonesia ini sebenarnya buah dari beberapa orang yang eneg karena negara maju tak memberikan keuntungan pada investasi mereka. Makanya orang2 asing banyak berburu aset di Indonesia buat beli barang di Indonesia.

Ahhh masalahnya lagi adalah. Ketika aset kita makin menjulang naik seperti sekarang ini. Hal ini membuat aku ngga masuk masuk ke reksadana untuk investasi. Harganya pada mahal semuuaa sihh. Padahal ada temen analis bilang sudahlah kan cuma reksadana yang ngurus juga fund manajer. Ah aku tetap saja tidak mau rugi dong.

No comments: