Wednesday, October 12, 2011

Imunisasi Vanya

Hari ini Vanya umur 5 bulan. Kalau memasuki bulan baru ritual yang biasa dilakukan adalah imunisasi. Tapi imunisasi dasar Vanya sudah lengkap sampai empat bulan. Tinggal menunggu imunisasi campak usia 9 bulan. Jadi lima bulan lebih pada imunisasi tambahan. Tapi masalahnya imunisasi tambahan itu mahalnya gak ketulungan.

Sekarang aku jadi mikir. Kalau misalnya imunisasi tambahan itu wajib alias harus dilakukan bagaimana dengan nasib sayah sebagai anak yang tidak pernah kena imunisasi tambahan itu.

Kalau kata Nuria Bonita yang anaknya sekarang sudah lima bulan. Imunisasi tambahan sebenarnya hanya bagian dari industri kesehatan. Asal tahu saja imunisasi PCV sekali suntik bisa Rp 800.000. Mahal nian bukan. Imunisasi HIB Kombo pas Vanya 4 bulan (13 Sept 2011) kemarin bisa 249.500 di rumah sakit permata hijau.

Aku nemu artikel ini dari dranak.blogspot.com
HIB adalah singkatan untuk Haemophilus influenzae type b, sejenis bakteria yang menyebabkan penyakit yang dapat berakibat fatal, seperti: Radang selaput otak ( Meningitis) -jangkitan pada selaput otak dan saraf tunjang Radang paru- paru (Pneumonia) - jangkitan pada paru- paru Radang epiglotis ( kerongkong ) - jangkitan pada epiglottis Keracunan darah ( septicaemia ) - jangkitan darah Radang sendi - jangkitan pada sendi Penyakit Hib, jangkitan HIV dan Hepatitits B BUKAN satu penyakit yang sama. Vaksin pencegah Hepatitis B adalah vaksin Hepatitis B manakala vaksin penyakit Hib adalah vaksin Hib.

Mengapa penyakit Hib berbahaya?
Mudah berjangkit terutama dikalangan kanak-kanak Mudah merebak. Biasanya menyebabkan penyakit yang fatal atau membawa maut. Jangkitan Hib pada selaput otak bisa mengakibatkan kecatatan otak yang kekal.

Penjelasan ini sebenarnya aku sebagai orang awam sulit banget memahami apa sih penyakit itu. Tapi ada anaknya temen aku yang meninggal gara-gara penyakit meningitis. Aku belum nanya juga sih apakah dia sudah diimunisasi atau belum.

Ada juga yang kerap dianjurkan adalah imunisasi MMR. Imunisasi MMR ini untuk
Harganya kata dokter Tatang di RS Permata Hijau sekitar 200rban. Cuma aku juga belum pernah MMR sih.



Semakin galau deh mau diimunisasi tambahan ngga ya.



2 comments:

iyank4 said...

kata dokter: kesehatan itu paling penting, buat apa banyak duit tapi sakit-sakitan.

kata guru: pendidikan itu paling penting.

yang penting2 jadinya malah mahal. padahal justru paling penting itu tukang sampah sama supir angkot. coba gada tukang sampah seminggu aja.. udah pada tereak2 warga, ato ngga ada angkot yg jalan... anak2 ga bs sekolah, ibu2 ga bisa kepasar

:-)

Avanty said...

Hahaha mas Iyank saya rada gaptek mohon bimbingan untuk membuat blog ini makin bermanfat dong halah..